Selamat Datang

Senin, 24 September 2012

membuat animasi flash

Cara Buat Animasi Flash

CARA BUAT ANIMASI FLASH – CONTOH MOTION TWEENING

Cara buat animasi flash yang diperagakan disini adalah motion tweening yang terdiri dari 2 jenis pergerakan utama, translation tweening dan rotation tweeningTranslation tweening memperagakan suatu pergerakan atau perpindahan posisi dimana setiap titik pada bentukan yang dianimasikan berpindah secara kontinyu melalui jalur yang sama dan menempuh jarak yang sama. Sementara rotation tweening memperagakan pergerakan kontinyu setiap titik pada bentukan mengitari suatu titik tertentu yang menjadi titik pusat perputaran.  Titik pusat ini bisa salah satu titik pada bentukan atau titik lain di luar bentukan tersebut.
Setelah mengetahui tahapan dasar Membuat Animasi Flash, berikut adalah contoh Animasi Flash sederhana dengan menggunakan fasilitas motion tweening dari Macromedia Flash.
  • Aktifkan program Macromedia Flash.
  • Buat 3 layer pada panel Timeline dan masing-masing beri nama  Ltranslasi, Lrotasi, dan Lgabungan pada layer-layer tersebut.  Penambahan layer dilakukan dengan meng-klik tombol Insert Layer pada bagian kiri bawah dari panel Timeline. Mengubah nama layer dilakukan dengan klik ganda pada layer dan beri nama baru yang diinginkan.
  • Klik frame 1 pada layer Ltranslasi.  Klik  Rectangle Tool pada panel Tools (atau tekan R), klik kotak Fill Color di panel Properties, pilih warna yang diinginkan dan seretlah kursor untuk membentuk segi-empat pada bidang gambar (stage).  Klik Selection Tool pada panel Tools (atau tekan V) dan klik ganda salah satu garis pembatas segi-empat yang baru dibentuk untuk memilih semua garis pembatas lalu tekan DEL untuk menghapus garis pembatas tersebut. Geser bentukan segi-empat untuk menempatkannya  pada bagian kiri agak ke atas dari bidang gambar.
Catatan: Bentukan yang dihasilkan berupa shape seperti ditunjukkan pada panel Properties.  Motion Tweening tidak berlaku pada bentukan jenis ini.  Karena itu kita harus mengubahnya ke Symbol.
  • Klik Selection Tool pada panel Tools (atau tekan V), jika belum terpilih.  Klik kanan pada bentukan segi-empat dan pilih Convert to Symbol pada menu yang ditampilkan.  Pada kotak dialog Convert to Symbol yang kemudian ditampilkan, berikan nama MCkotak pada field Name. Pada Behavior pilih Graphic.  Pada Registration pilih kotak kecil di tengah. Kemudian klik OK. Symbol Graphic yang terbentuk akan otomatis terdaftar pada panel Libraries.
  • Jika panel Libraries belum tampil pilih menu Window lalu pilih Libraries untuk menampilkannya.
  • Klik frame 1 pada layer Lrotasi lalu seret (drag) Symbol Graphic bernama MCKotak dari panel Libraries ke bidang gambar (stage) dan tempatkan bentukan persegi-empat yang kedua ini di bawah yang pertama, sejajar secara vertikal. Selanjutnya, klik frame 1 pada layer Lgabung dan, dengan cara yang serupa, seret lagi (drag) MCKotak dari panel Libraries ke bidang gambar. Tempatkan bentukan segi-empat yang ketiga di bawah yang kedua, sejajar secara vertikal.
Catatan: Sekarang telah ada 3 bentukan segi-empat pada bidang gambar.  Bentukan segi-empat pertama berada pada keyframe di frame 1 dari layer Ltranslasi, bentukan kedua berada pada keyframe di frame 1 dari layer Lrotasi, dan bentukan ketiga berada pada keyframe di frame 1 dari layer Lgabung.
  • Klik kanan frame 30 pada layer Ltranslasi lalu pilih Insert KeyFrame pada menu yang ditampilkan. Lingkaran hitam masif akan ditambahkan pada frame 30 tersebut. Dengan Selection Tool, pilih bentukan segi-empat yang pertama dan seret (drag) sambil menekan SHIFT ke arah kanan sampai mendekati tepi kanan dari bidang gambar (stage).
  • Klik salah satu frame diantara frame 1 dan frame 30 pada layer Ltranslasi.  Pada panel Properties klik kotak dropdown Tween dan pilih Motion.  Panah dengan garis padat akan terbentuk antara frame 1 menuju frame 30 pada layer Ltranslasi.
  • Klik kanan frame 30 pada layer Lrotasi dan pilih Insert KeyFrame pada menu yang ditampilkan.
  • Klik salah satu frame diantara frame 1 dan frame 30 pada layer Lrotasi.  Pada panel Properties klik kotak dropdown Tween dan pilih Motion, lalu klik kotak dropdown Rotate dan pilih CW.  Pada kotak isian di kanannya masukkan nilai 2 (times) untuk menetapkan 2 kali perputaran.
  • Klik kanan frame 30 pada layer Lgabung dan pilih Insert KeyFrame pada menu yang ditampilkan.  Dengan Selection Tool, pilih bentukan segi-empat yang ketiga dan seret (drag) sambil menekan SHIFT ke arah kanan sampai mendekati tepi kanan dari bidang gambar (stage).
  • Klik salah satu frame diantara frame 1 dan frame 30 pada layer Lgabung.  Pada panel Properties klik kotak dropdown Tween dan pilih Motion, lalu klik kotak dropdown Rotate dan pilih CW.  Pada kotak isian di kanannya masukkan nilai 2 (times) untuk menetapkan 2 kali perputaran.
  • Untuk melihat pergerakannya, seret Timeline Slider (kotak merah transparan pada garis skala Timeline) dari frame 1 ke freme 30.
  • Untuk menguji hasilnya pilih menu Control lalu pilih Test Movie.
Hasilnya akan memperlihatkan gerakan yang berbeda pada 3 bentukan segi-empat.  Segi-empat pertama akan melakukan gerak translasi.  Segi-empat kedua akan melakukan gerak rotasi.  Segi-empat ketiga pada layer Lgabung akan memperlihatkan gerak translasi dan rotasi secara bersamaan.
Dengan pengecualian beberapa kreasi tambahan, hasil animasi yang telah dikerjakan akan serupa dengan animasi pada video di atas.  Selamat mencoba.
Catatan:  Jika panel Properties tidak tampil, pilih menu Window lalu pilih Properties untuk menampilkannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar